tutorial 3d smax membuat ikan pari


PEMBUATAN OBJEK
Pertama dalam pembuatan objek ikan pari kita harus masuk ke aplikasi 3ds Max 2010 dan akan merenderingnya kedalam Ogre3d dan nanti dari format file .max akan dikonversi ke format .mesh agar dapat ditampilkan menggunakan OGRE.

Setelah masuk ke dalam aplikasi3ds max, maka kita memulai untuk membuat objek. Yaitu pertama membuat sebuah box seperti tampilan di bawah ini:


Di label Viewport Perpective, klik kanan dan aktivkan edge face atau tekan F4 agar garis segmen di tampilkan. Ubah Box ke Editable Poly. Klik kanan pada Box lalu pilih menu
Convert To à Convert To Editable Poly

Klik panel Modify, aktifkan modus Vertex. Di viewport Front seleksi

Vertex lalu geser dengan tool Select and Move. Aktifkan modus Polygon dan checklist Ignore Backfacing agar permukaan bagian belakang tidak ikut terseleksi. Pilih 2 polygon seperti gambar di atas.
Gunakan tool Arc Rotate Selected, untuk memutar viewport Perspective.
Lalu seleksi lagi 2 polygon di sisi yang berlawanan. Maka kini telah terseleksi 4 permukaan pada box, 2 di sisi kiri dan 2 disisi kanan.
Agar Polygon menjadi panjang dan lancip, pada kategori Edit Polygon klik Bavel Setting.
Atur Parameter Height = 33 dan Outline Amount = -1,3 agar sayap tampil seperti gambar di bawah ini.

Lalu aktifkan modus Vertex dan non-aktifkan Ignore Backfancing agar bagian belakang / bawah ikut terseleksi. Sekarang kita akan bekerja pada kedua sisi objek agar bentuknya simetris. Kini seleksi vertex- vertex pada sayap kiri dan kanan lalu geser pada sumbu x.

Seleksi vertex-vertex pada kedua sisi, klik tool Select and Uniform Scale, pada sumbu Y geser sedikit ke dalam.


Lalu kita akan buat bagian kepala dengan aktifkan modu Edge dan aktivkan Ignore Backfancing. Seleksi satu baris di tengah dan tarik atas agar bagian depan depan lebih tebal.



Selanjutnya kita akan membuat bagian perut, aktifkan modus Vertex dan Ignore Backfancing. Seleksi beberapa Vertex bagian bawah. Klik tool Select and Uniform Scale, kemudian geser ke kiri pada sumbu Y hingga menyempit kedalam.


kemudian kita akan membuat bagian mulutnya, kita aktifkan modus Polygon dan aktifkan Ignore Backfancing. Dengan tool Select and Uniform Scale, drag pada sumbu tengah hingga permukaan / polygon membesar.

Klik Bevel Setting, di Bevel Polygon Setting atur parameternya agar polygon menjorok ke dalam. Lalu klik Ok.

Lalu kita buat bagian ekor, aktifkan modus Polygon dan Ignore Backfancing. Kemudian Seleksi satu permukaan seperti gambar 10, klik tombol Bevel Setting pada kategori Edit Polygons dan Atur parameter Height = 5 dan Outline = -1,2, klik Ok. Kemudian pada sumbu X tarik sedikit ke belakang dari objek hingga menyerupai ekor pesawat terbang.


Aktifkan modus Polygon dan Ignore Backfancing. Seleksi permukaan dibawah. Kemudidan klik tombol Bevel Setting pada kategori Edit Polygons. Pada Bevel Polygon Setting atur parametenya seperti di bawah ini dan kemudian klik tool Select and Uniform Scale, drag pada sumbu Y dan sumbu Z hingga meruncing.


Dengan cara yang sama maka kita akan mendapatkan ekor seperti di bawah ini


Agar kedua sayap dan ekor dapat bergerak dengan fleksibel maka kita akan menambahkan segmen baru. Aktifkan modus Egde dan checklist Ignore Backfancing.Klik satu Edge atau garis pada sayap dan dengan menekan tombol CTRL klik juga Edge pada sayap sebelahnya. Setelah itu pada kategori Selection, klik tombol Ring agar garis sekeliling sayap ikut terseleksi. Pada kategori Edit Edge klik tombol Connect Setting lalu atur Connect Edge Segments = 5. Kemudian klik Ok, maka akan ada 5 garis sejajar ditiap sayap.

         

Dengan cara yang sama maka kita akan menambahkan segmen pada ekor.


KONVERSI OBJECT KE MESH
Sebelum memasukan ke dalam OGRE kita perlu menkonversi objek ke dalam format .mesh agar objek tersebut dapat dipanggil untuk ditampilkan dalam OGRE.Setelah di-group pilih objek ikan pari lalu pada pilihan menu utama pada aplikasi 3ds MAX 2010 pilih OgreMAX >> 



IMPLEMENTASI OBJECT KE SAMPLE PROJECT




Setelah itu setting seperti setingan di bawah ini: 
Pada debug active :
Debugging : Working Directory       = ..\bin\Debug
Linker : General : Output File          = ..\bin\Debug\hello.exe
Linker : Input : Additional Dependencies         += OgreMain_d.lib
Linker : Input : Additional Dependencies          += OIS_d.lib
Linker : General : Additional Library Directories     = $(OGRE_HOME)\lib
C/C++ : General : Additional Include Directories   = ..\include;$(OGRE_HOME)\include;$(OGRE_HOME)\samples\include

Kemudian setting untuk folder Release, ganti OgreMain_d.lib dan OIS_d.lib menjadi OGreMain.lib dan OIS.lib Jika konfigurasi selesai dilakukan ,  running program dengan tekan F5, maka akan tampil sepeti paa gambar dibawah ini.


Setelah itu pilih Direct 3d9 Rendering Subsystem, implementasi nya akan maka akan tampil   dalam ogre. Tampilan output akan terlihat seperti di bawah ini :



Komentar

Postingan Populer