permasalahan pada komputer

masalah dan kendala yang sering pengguna hadapi:
  • .komputer tidak mau hidup
 Sering ditemukan dalam masalah pemakaian komputer ata PC, saat kita ingin menggunakan atau memakai PC, ternyata PC tidak mau hidup, hal ini membuat pengguna panik dan segera buru-buru memembawa ke atau memanggil teknisi service komputer
Sebelum anda menyerah dan membawa komputer anda ke tempat service, alangkah baiknya bila anda mencoba menganalisa apa penyebab komputer anda tidak dapat dioperasikan. Cara yang paling umum bila komputer “tidak mau dihidupkan” adalah daya listrik ke PC sebenarnya masuk tetapi tidak menampilkan apa-apa di monitor.
Anda melihat lampu pada komputer dan mendengar Kipas bekerja dari dalam tetapi sama sekali tidak muncul di layar Anda.
Ada beberapa kemungkinan alasan mengapa monitor anda tidak menampilkan informasi sehingga sangat penting bagi anda untuk mengetahui apa penyebabnya pada langkah-langkah dibawah.
1. Periksa monitor Anda. Sebelum Anda mulai mengatasi masalah dan memeriksa komponen dalam CPU anda, pastikan monitor Anda bekerja dengan benar dan bukan monitor komputer yang menyebabkan masalah.
Karena bisa jadi komputer anda tidak hidup disebabkan monitor Anda rusak atau kabel monitor ada yang putus kabelnya atau tidak terpasang dengan baik pada soket VGA.
2. Pastikan bahwa PC Anda sepenuhnya dalam keadaan tersambung dengan listrik.
Sering kali terjadi komputer tidak muncul di monitor padahal sebenarnya komputer dalam keadaanStandby atau Hibernate (mode hemat daya) pada system Windows.
Catatan: Anda bisa benar-benar matikan komputer Anda dalam keadaan modus Hibernate dengan menahan tombol power selama 3 sampai 5 detik. Setelah power benar-benar off, nyalakan PC Anda dan tes untuk melihat apakah komputer anda akan boot normal.
3. Dengan kode bep jika Anda mendengar kode bip akan memberi Anda input yang tepat di mana anda dapat mencari penyebab dari komputer Anda mati dari kode beb tersebut.
Jika Anda tidak dapat menyelesaikan masalah dengan masalah kode bep tertentu, Anda selalu dapat kembali ke awal dan melanjutkan dengan langkah-langkah di bawah ini.
4. Clear CMOS. Menghapus memori BIOS pada motherboard Anda akan kembali pengaturan BIOS ke setting default pabrik. Akibat dari kesalahan konfigurasi BIOS bisa menyebabkan PC Anda tidak dapat startup.
Penting: Jika dengan cara mengclear CMOS tidak memperbaiki masalah anda, pastikan setiap perubahan yang Anda buat dalam BIOS diselesaikan satu per satu sehingga jika kembali mendapatkan masalah, Anda akan tahu dimana perubahan yang menyebabkan masalah komputer Anda.
5. Pastikan saklar catu daya tegangan diatur dengan benar. Jika tegangan masukan untuk catu daya tidak benar (berdasarkan tegangan yang dibutuhkan) maka komputer Anda tidak dapat dihidupkan sepenuhnya.
Ada kemungkinan bahwa PC Anda tidak akan menyala sama sekali jika listrik tidak memenuhi standard tegangan yang dibutuhkan, tapi tegangan listrik yang tidak benar pasokan dayanya juga dapat menyebabkan komputer anda tidak dapt di hidupkan.
6. Pasang kembali segala sesuatu yang mungkin ada di dalam PC Anda. Setting ulang mungkin akan dapat memperbaiki kembali berbagai koneksi di dalam komputer.
Coba instal ulang perangkat keras anda dengan cara berikut ini dan kemudian lihat apakah komputer Anda mulai menampilkan sesuatu di layar:
Pasang kembali semua kabel data internal dan kabel listrik
Pasang kembali modul memori
Pasang kembali semua kartu ekspansi
7. Ulangi pemasangan CPU jika Anda menduga bahwa mungkin cpu tersebut longgar atau mungkin belum diinstal dengan benar.
8. Periksa penyebab arus hubung singkat listrik di dalam komputer Anda. Hal ini sering menyebabkan masalah ketika power komputer di off dengan sendirinya karena arus hubung singkat dapat menjadi penyebab komputer anda tidak dapat dihidupkan.
9. Uji power supplay Anda. PSU cenderung menyebabkan lebih banyak masalah daripada perangkat keras lainnya dan sering menjadi penyebab komputer tidak mau dihidupkan.
Ganti power supply Anda segera jika gagal setiap tes yang Anda lakukan.  

  • komputer mau hidup tapi tidak mau boooting 
 
setelah ditekan tombol power, komputer hidup. indikator power-on juga terlihat nyala. tetapi setelah ditunggu sekian waktu, sistem operasi komputer tidak segera aktif dan komputer terhenti pada pertengahan proses.
Solusi:
perhatikan dengan baik, apakah kondisi layar monitor gelap dan komputer membunyikan beep secara berulang-ulang. jika ya, berarti itu pertanda bahwa anda akan segera dapat mendeteksi kesalahan yang ada pada komputer anda. bunyi beep tersebut merupakan pertanda bahwa BIOS yang terpasang pada motherboard melakukan POST ketika komputer dinyalakan dan berhasil mendeteksi adanya kesalahan
dengarkan bagaimana bunyi beep yang terdengar pada speaker anda. contoh jika terdengar beep 1 kali panjang atau beep 1 kali panjang dan 3 kali pendek, anda dapat mencoba tindakan-tindakan sbb:
1. matikan komputer anda, matikan stabilizer, cabut semua kabelnya kemudian buka casingnya. bawa PC ke tempat yang terang atau sediakan senter untuk membantu anda melihat lebih jelas kedalamnya
2. jika yang terdeteksi adalah beep dengan tanda kerusakan memory, anda dapat melakukan pengecekan terhadap kartu memori apakah sudah tertancap dengan benar pada slotnya. karena ini sering kali menjadi penyebabnya. buka penguncinya, cabut kartu memorinya, tancapkan kembali dengan benar. jangan lupa untuk mengunci kembali slot tersebut. pastikan juga kartu memori anda dalam keadaan baik, tidak cacat dan tidak rusak.
3. jika yang terdeteksi adalah beep dengan tanda kerusakan VGA card, anda dapat memeriksa kembali posisi VGA card pada slot-nya apakah sudah terpasang dengan benar. jika perlu, buka dan pasang kembali card tersebut
4. sekaligus saja, pastika kartu-kartu dan kabel-kabel didalam PC tersambung dengan baik, dan tidak mengalami cacat atau bahkan putus sambungannya. prinsipnya, agar komputer berjalan baik, maka semua komponen harus berada dalam posisi yang benar dan dalam kondisi baik pula
5. sekaligus check bahwa motherboard anda tidak tergores. jalur-jalur tembaganya masih bagus dan tidak terpotong oleh sayatan benda tajam
6. jika anda yakin bahwa RAM dan VGA card sudah terpasang dengan benar, nyalakan kembali komputer tersebut
7. bila ternyata kasusnya masih sama, cobalah untuk menukar lokasi kartu memori atau VGA card ke slot yang lain. bisa juga slotnya yang rusak. kemudian lakukan test dengan menyalakan kembali komputer
8. kalau tidak selesai juga, konsultasikan ke teknisi servis komputer
perlu diketahui bahwa kode beep pada setiap merk BIOS memang berbeda-beda dan terkadang tidak selamanya konsisten dalam menyajikan informasi. tetapi sampai saat ini, metode tersebut paling umum digunakan orang untuk mendiagnosa komputer tanpa harus membukanya ataupun menggunakan software diagnosa.

  • komputer mau booting tapi selalu safe mode

Masalah Utama : Komputer Mau booting, Tetapi selalu “Safe Mode”Gejala : Pada saat komputer booting tiba-tiba Sistem Operasi Windows merekomendasikan pemakai untuk menggunakan Safe Mode. Setelah dipilih pilihan tersebut, ternyata komputer tidak dapat dioperasikan sebagaimana mestinya. Tidak bisa
mencetak. tidak bisa menampilkan gambar full color. Bahkan hampir semua driver tidak dapat aktif pada mode ini.
Solusi :Masuknya sistem ke posisi Safe Mode, berarti ada yang tidak beres dalam komputer Anda baik menyangkut sistem Windows-nya, driver dan file penting lainnya dari Windows. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda kerjakan jika sistem Windows anda sering booting dalam kondisi Safe Mode.

  1. Restart kembali Windows pada komputer Anda dan paksakan untuk menggunakan normal mode. Jika terdapat kesalahan sistem, biasanya Windows akan mengeluarkan pemyataan-pemyataan error.

  2. Kebanyakan safe mode disebabkan karena hilangnya file sistem, driver dan file penting lainnya dari Windows. Lakukan kembali up-date driver jika memang sistem driver yang mengalami masalah.

  3. Jika safe mode muncul secara berulang-ulang, maka kemungkinan lain yang menyebabkannya adalah kerusakan di bagian dalam hard disk. Untuk memeriksanya, masuk saja ke safe mode dan lakukan scan disk dulu hard disk Anda. Klik [Start > All Programs > Accessories > System Tools] dan yang terakhir pilih ScanDisk. Penggunaan Scanddisk akan menunjukkan jika ada masalah dengan fisik harddisk Anda.

  4. Microsoft sebagai produsen Windows juga memiliki alamat yang bisa digunakan untuk media konsultasi kesalahan yang terjadi pada Windows XP. Jika Anda bermaksud untuk memperbaiki error yang terjadi, Anda dapat mencatat pesan kesalahan yang muncul dan mengkonsultasikan hal itu pada Microsoft. Hubungi situs Microsoft Coorporation pada bagian Technical Support situs http://support.microsoft.com/

    • komputer sering hang 


 Harus dikatakan bahwa ada banyak sekali penyebab komputer sering hang, baik itu disebabkan oleh software maupun hardware didalamnya. Terjadinya hal bisa sangat rutin terjadi pada komputer yang memiliki spek rendah maupun komputer yang kurang dirawat. Akibat dari hang bisa banyak sekali, mulai dari program yang tiba-tiba macet, not responding, mouse macet, keyboard tidak berfungsi, program tiba-tiba menutup sendiri, atau bahkan komputer melakukan restart otomatis. Beruntung bila hang terjadi hanya sebentar dan tidak membuat komputer mati, namun hal yang paling menjengkelkan adalah ketika komputer hang dalam waktu lama bahkan sampai mati senditi maupun harus di restart ulang.
Berikut ini adalah beberapa penyebab komputer sering hang beserta solusinya:
- Kapasitas RAM yang minim
Mungkin ini adalah penyebab yang sering terjadi mengapa komputer sering mengalami hang. Kapasitas RAM yang minim tentunya tidak akan mampu untuk menjalankan program yang berat maupun membuka banyak program secara bersamaan. Biasanya jika demikian penyebabnya, maka Anda harus mengurangi atau menutup program-program yang sedang dijalankan. Sebagai contoh Anda sedang mengakses web browser bersamaan dengan Photoshop, Winamp, Corel Draw, dan Nero, kemudian komputer macet atau Not Responding, segera tutup salah satu program atau lebih. Untuk PC Windows bisa dilakukan dengan cara klik CTRL+SHIFT+ESC secara bersamaan. Maka muncul window baru yakni Window Task Manager. Pada posi aplikasi klik salah satu program, kemudian klik End Task dibagian bawah. Tetapi apabila proses Windows Task Manager juga ikut Not Responding, cara terakhir adalah dengan me-restart komputer.
- RAM rusak atau ada masalah
Penyebab komputer sering hang yang kedua adalah kemungkinan RAM yang sudah rusak atau memiliki masalah. Yang paling sering adalah kebersihan komponen RAM, baik itu ada kotoran maupun debu dibagian pin (kaki-kakinya). Mengatasi hal ini tentu Anda harus membersihkan RAM dari kotoran yang ada, alhasil komputer akan kembali pulih seperti sedia kala.
- Komputer Overheat atau kepanasan
Didalam komputer ada komponen-komponen yang cukup sensitif terhadap panas berlebih. Akibatnya jika kipas pendingin didalam komputer tidak maksimal bekerja, maka panas berlebih atau Overheat akan terjadi. Pastinya masalah hang bisa terjadi dan membuat Anda kesal. Maka dari itu perawatan komponen pendingin harus diperhatikan betul serta akan lebih baik jika Anda meletakan komputer di area yang baik sirkulasi udaranya.
- Motherboard serta memory rusak
Ada istilah layar biru atau Blue Screen of Death dimana pada layar komputer tiba-tiba berubah menjadi biru dengan banyak tulisan berbahasa Inggris. Salah satu tulisan yang utama adalah Fatal Exception Error, dimana kalimat tersebut berarti data yang tersimpan di memori tidak dapat terbaca. Silahkan cek memori Anda dengan aplikasi bawaan atau bisa juga dengan MemTest86, yang dapat diunduh disini. Bila kerusakan fatal terjadi pada motherboard atau memori, solusi terakhir adalah dengan menggantinya.
- Harddisk bermasalah
Usia dan performa pada perangkat keras Harddisk juga berpengaruh membuat komputer mengalami hang. Segera cek dengan scan atau check disk, jika memang Harddisk performanya sudah menurun, solusi terakhir adalah dengan memformat Harddisk secara penuh, atau bisa membeli lagi yang baru.
- Power Supply bermasalah
Power Supply yang sudah tidak optimal memungkinkan akan membuat komputer sering hang. Pertama yang dilakukan adalah dengan mengecek keadaan Power Supply tersebut di BIOS pada menu Hardware Monitor. Solusi jitu adalah dengan menempatkan posisi Power Supply pada area dengan sirkulasi udara baik karena kerusakan biasanya diakibatkan oleh panasnya suhu. Selain itu pembersihan juga wajib dilakukan.
- Kerusakan sistem operasi
Sistem operasi yang terinfeksi virus bisa mengakibatkan hal yang fatal, salah satunya adalah seringnya komputer sering hang. Selain virus, bisa juga karena ada salah satu perangkat lunak sistem yang tidak sengaja terhapus. Jurus jitunya, tentu adalah dengan menginstall ulang sistem operasi.
- Tegangan listrik tidak stabil
Siapa bilang kekuatan listrik juga tidak mempengaruhi kinerja komputer. Tegangan listrik yang tidak stabil bisa menyebabkan kerusakan komponen hardware komputer apabila berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Untuk mengatasinya, gunakan perangkat UPS atau stabilisator voltase agar tegangan listrik lebih stabil dan ada back up. [ALX]

  • keyboard tidak dikenali komputer 

 

Cara Mengatasinya
– Cek Apakah Keyboard Anda Sudah Terpasang Dengan Benar
– Jika Sudah Tapi Masih Juga Keyboard Tidak Terdeteksi Maka Kemungkinan Keyboard Anda Bermasalah.
– Coba Ganti Keyboard Anda, Jika Sudah Diganti Tapi Juga Masih Bermasalah Maka Kemungkinan Besar Yang Rusak Adalah Di Bagian Port Keyboard Di MB Anda.
– Jika Memang Sudah Di Ganti Keyboard Baru Tapi Tetap Tidak Terdeteksi Juga Coba Ganti Dengan Keyboard USB Dan Apabila Tidak Terdeteksi Juga Berarti Ada Yang Salah Pada Sitem Windows Sobat6 Mouse Tidak Dikenali Oleh Komputer
 

Komentar

Postingan Populer