pencarian dan penyelesaian kesalahan pada perangkat input dan output

PENCARIAN DAN PENYELESAIAN KESALAHAN PADA PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT

Pencarian dan penyelesaian kesalahan pada perangkat input dan output
 Komputer Menyala tetapi tidak ada tampilan layar

       Hal ini sering ditemui dan hanya permasalahan sepele, memory ram kendor/ kotor kaki kakinya.
 Solusi:
  a. Lepas lalu pasang kembali
  b. Bersihkan kaki kakinya dengan karet penghapus
 Komputer berbunyi TIT 3x pendek/cepat
  Namun power hidup tapi tdk ada tampilan itu kerusakan pada VGA cardnya, bisa jadi kendor atau kotor kaki-kakinya atau mati
Solusi :
  a.  Lepas dan tancapkan kembali
  b. Bersihkan kaki-kakinya yang berwarna kekuningan dengan       penghapus pensil
Komputer berbunyi TIT 3x pendek/cepat
    Namun power hidup tapi tdk ada tampilan itu kerusakan pada VGA cardnya, bisa jadi kendor atau kotor kaki-kakinya atau mati.
  Solusi :
       a.  Lepas dan tancapkan kembali
       b. Bersihkan kaki-kakinya yang berwarna kekuningan dengan   penghapus pensil
Komputer berbunyi TIT...TIT...TIT...TIT...terus dan teratur tidak berhenti sebelum kita matikan

Kerusakan pada memory card / ram

Solusi : lakukan hal-hal sama dengan point 1.Jika tidak berhasil mainboard anda yang rusak. 
 
Komputer keluar TULISAN DISK BOOT FAILURE, INSERT SYSTEM DISK AND PRESS ENTER
Kerusakan pada hardisk anda atau system yang ada dihardisk hilang.
Solusi : Pastikan hardisk dikenal didalam sistem BIOS komputer caranya dengan memperhatikan tampilan awal apakah ada IDE / hardisk yang muncul atau tekan del pada saat awal menyala lalu lihat di standard setting apakah hardisk anda muncul tidak disitu. Jika muncul berarti hardisk bagus hanya systemnya/partisinya yang hilang> lakukan instalasi system lagi, jika tidak muncul hardisk anda yang rusak
  
Komputer tiba - tiba tidak bisa membaca Flashdisk
Masalah kebanyakan pada powersupply komputer yang sudah lemah, karena flashdisk menggunakan listrik tegangan rendah, jika powernya kurang berdampak pada pembacaan data yang ada di flashdisk.
Solusi : Ganti PowerSupply atau coba colokan pada USB bagian belakang, karena langsung menempel di mainboard siapa tau powernya lebih bagus
 
CD / DVD rom sulit terbuka/terkunci
Solusi :Masalahnya karena CDrom jarang digunakan dan sudah tua sehingga karet penggerak dari motor ke roda gigi mengendor sehingga pada saat motor bergerak membuka pintu cd terjadi slip sehingga pintu tidak bisa terbuka.
ambil sebuah paperclip luruskan lalu tusuk pada bagian pintu cdrom yang ada lubang kecilnya, dorong hingga pintu berhasil terbuka.Saran : Sebaiknya jangan biarkan CDrom selalu kosong,paling tidak masukan cd blank agar motor cd rom tdk macet.
 
Pencarian dan penyelesaian kesalahan pada perangkat SCSI dan NIC
SCSI (Small Computer System Interface) dibacaskasiadalah standar yang dibuat untuk keperluan transfer data antara komputer dan periferal lainnya. Standar SCSI mendefinisikan perintah-perintah, protokol dan antarmuka elektrik dan optik yang diperlukan. SCSI menawarkan kecepatan transfer data yang paling tinggi di antara standar yang lainnya.
Penggunaan SCSI paling banyak terdapat di hard disk dan tape drive. Namun, SCSI juga terdapat pada scanner, printer, dan peranti optik (DVD, CD, dan lainnya). Standar SCSI digolongkan sebagai standar yang device independent sehingga secara teoritis SCSI bisa dite¬rapkan di semua tipe hardware.
 
Perangkat SCSI eksternal atau internal sama sekali tidak dikenali oleh PC sehingga tidak dapat digunakan dan hanya berfungsi sewaktu-waktu.
Sumber kesalahan pada SCSI terutama adalah terminasiPerangkat pertama maupun terakhir  dalam   sebuah   rangkaian   SCSI  harus   ditutup  dengan sebuah   terminator    ( hambatan penutup ). Biasanya berupa steker atau penutup dengan nilai hambatan yang dibutuhkan atau bisa juga berupa jumper atau tombol DIP.
Bila hanya perangkat eksternal atau internal yang digunakan, hanya perangkat terakhir saja yang perlu diterminasi. SCSI-controller terhitung sebagai perangkat pertama dalam rangkaian dan telah diterminasi sesuai standard. Bila kedua port pada SCSI controller digunakan ( eksternal dan internal ), controller berada di tengah rangkaian. Untuk itu lakukan terminasi pada perangkat internal pertama dan perangkat eksternal terakhir, lalu kemudian singkirkan terminator dari platina controller.

Komentar

Postingan Populer